Ulzzang itu apa sih? Bagaimana cara Menjadi 얼짱? Ini Penjelasanya

Ulzzang itu apa sih? Bagaimana cara Menjadi 얼짱? Ini Penjelasanya

Pengertian Ulzzang

Ulzzang

Ulzzang (bahasa Korea: 얼짱), juga dieja menjadi eoljjang atau uljjang adalah sebuah istilah populer Korea Selatan yang secara harfiah berarti "wajah terbaik" atau "tampan/cantik". Seseorang yang menginginkan status ulzzang bisa saja meraih popularitas di internet melalui kontes umum, biasanya foto mereka akan dinilai dan dipilih oleh pemilik hak suara. Tren ini umum dilakukan di antara pria dan wanita. - Wikipedia

Banyak eoljjangs model untuk populer website busana Korea, dan beberapa telah memasuki bisnis hiburan Korea dan menjadi bintang.

Meskipun kata ini berasal di Korea Selatan, pengikut tren seperti itu bisa dilihat di Cina dan Jepang, tetapi juga dapat ditemukan di Taiwan, Amerika Serikat, Kanada, Indonesia dan Eropa.

Kata “eoljjang”, harfiah “wajah terbaik”, berasal dari kata eolgul (Korea: “얼굴”) yang berarti “wajah”, dan Jjang (Korea: “짱”) arti istilah slang “terbaik”. Istilah ini sering digunakan oleh para netizen untuk kontes bersaing untuk gelar “eoljjang”, tetapi telah berkembang menjadi sebuah subkultur atau gaya, bukan acara kompetisi.

Ulzzang kebanyakan memiliki mata besar (menjadi fokus utama), kulit bersih, hidung dan mulut yang kecil. Ada beberapa tren gaya yang diikuti, baik mode meniru dari majalah Korea.

Ulzzang biasanya adalah orang yang selain memiliki penampilan yang oke, dia juga memiliki banyak pengunjung di cyworld nya (cyworld adalah web mini hompage yang ada di korea). Biasanya bisa mencapai ribuan, ratusan, bahkan jutaan dalan beberapa bulan.

Ulzzang juga sering menggunakan HADURI, yaitu program webcam yang populer di Korea. mereka bisa mengedit-edit foto mereka di sana. Namun biasanya ulzzang-ulzzang tidak mengedit foto mereka, karena ulzzang adalah orang=orang yang tampan/cantik di foto maupun di kehidupan nyatanya.

Keunggulan Ulzzang:

Wanita:
Mata (biasanya menggunakan circle lense , kalau di Indonesia namanya GEO, dll)

Pria:
Mata dan hidung (bibir juga)

Jenis-Jenis:
1. Ulzzang (yang berarti wajah terbaik, tentu saja berdasarkan wajah)
2. Momzzang (yang berarti tubuh terbaik, tentu saja berdasarkan bentuk tubuh)

Ulzzang dan Feizl berbeda, ulzzang biasanya hanya memakai make up yang tipis dan tidak berlebihan. Sedangkan Feizl bisa dibilang sebagai Ulzzang versi china yang biasanya memakai make up yaang lebih dari ulzzang.

Contoh ulzzang yang sudah terkenal :

  1. Koo Hye Sun
  2. Kim Seul Mi (BT-SWING)
  3. Kim Tae Hee
  4. Song Hye Kyo
  5. Kim Hyung Joong
  6. Kim Hyung Jun
  7. Song Joong-Ki
  8. Ahn Jae Hyo (Block B)
  9. Ryu Hye Ju
  10. Kim Da Hye
  11. Park Hyo Jin
  12. Lee Do Hyeong
  13. Kim Min Jun
  14. Lee Chi Hoon
  15. Park Tae Jun
  16. Han Ji Ho
  17. Park Ji Ho (Flowermist)
  18. Jung Joon Young (Flowermist)
  19. Hong Young Gi
  20. Park Tae Jun
  21. Yu Ha Min
  22. Park Hyung Seok
  23. Nam Sang Mi
  24. Jung Yong Hwa (CN Blue)
  25. Lee Taemin (SHINee)
  26. Sui (CHI CHI)
  27. A-zi (CHI CHI)
  28. Choi Jong Hun (FT Island)
  29. Yoon Doo-joon (B2ST)
  30. Son Dong-woon (B2ST)
  31. Jang Hyun-seung (B2ST)
  32. Lee Joo Yeon of (After School)
  33. Kim Myung Soo (Infinite)
  34. Jiyeon (T-ara)
  35. Hyomin (T-ara)
  36. Lee Qri (T-ara)
  37. Lee Kiseop (U-KISS)
  38. Kim Him Chan (B.A.P)
  39. Park Hyun Jun (SHU-I)
  40. Imda
  41. Do Hoe Ji
  42. Kim Sung Je (Choshinsung)
  43. Hwang Ju Won (AA)
  44. Park Sang Il (r-eal)
  45. Shin Gwang Cheol (Xing)
  46. Kim Hye Sung
  47. Kwak Min Jun
  48. Park Bom (2NE1)

Nah, sekarang udah tau kan Ulzzang itu apa? Ok, langsung aja aku kasih tau gimana sih cara menjadi “Ulzzang” itu?

Cara Menjadi Ulzzang dengan Mudah

1. BERMAKE-UP ala ULZZANG
Tidak semua Ulzzang menggunakan make-up, kamupun nggak harus pake make-up sih sebenarnya(biar terkesan natural), hanya saja untuk menunjang agar kamu lebih terlihat seperti Ulzzang kamu harus memakai make-up. Nggak harus yang menor, nggak harus tipis juga make-up nya. Yang penting wajah kamu nampak cerah, fresh, dan putih (bisa menggunakan editor, seperti yang lagi marak maraknya nih si “XiuXiu” jika kamu mengambil jalan pintas, hehe..) dan untuk menyempurnakan juga ada beberapa pelengkapnya nih:

Cream Wajah
Para Ulzzang biasanya mengandalkan produk yang menciptakan ilusi flawless pada wajah, dan memberikan kesempatan pori pori wajah untuk bernafas, seperti BB Cream. Bukan foundation (yang cenderung menutup pori pori dan terkesan tebal di muka) Usahakan make-up yang senatural mungkin ya! ^^ Tidak perlu dengan merk yang mahal, pastikan aman untuk wajah kamu..

Circle Lens
Tidak semua Ulzzang memakai softlens pembesar mata sih emang, soalnya kebanyakan matanya emang udah pada belo. Tapi buat kalian yang punya mata sipit, nah harus pake nih.. Soalnya, daya tarik utama Ulzzang itu kebanyakan di matanya.. Pastikan kamu pakai warna yang sesuai sama kamu, yang cocoklah istilahnya, seperti lensa hitam dan coklat (natural). Softlens ini akan memberi kesan imut dan unyu^^

Eyeliner
Nah.. ini nih yang wajib! Kebanyakan Ulzzang, nggak cuma Ulzzang girl aja loh! Ulzzang boy juga.. Mereka akan memakai eyeliner hitam pada bagian bawah mata dan di sudut sudut mata. Biar mata terkesan besar, jadi nggak perlu pake Circle lens lagi juga nggak apa apa^^ Ada juga Ulzzang ber eyeliner putih, kebanyakan sih yang pakai warna putih itu Ulzzang Chinese. Tujuan utamanya sama, yaitu memberi kesan besar pada mata. Jadi kalo nggak mau mahal mahal beli softlens, kamu bisa pakai eyeliner sebagai gantinya! 😀

Bulu Mata Palsu
8 dari 10 Ulzzang akan memakai Bulu Mata Palsu lho.. tujuannya untuk pelengkap setelah memakai circle lens dan untuk memberi kesan besar pada mata juga^^ Bulu mata ini juga bisa dikatakan sebagai pengganti eyeliner. Karena jika sudah memakai eyeliner , tidak memakai bulu mata palsu juga gak masalah.. Biasanya, Ulzzang akan memakai bulu mata yang terkesan natural tapi berukuran besar. Tapi gak seperti bulu mata Gyariu. Dan ternyata bukan cuma Ulzzang Girl aja lho yang pake Bulu Mata Palsu! bahkan ada juga bulu mata khusus buat yang pengen jadi Ulzzang boy!!^^

Peralatan Untuk Rambut (Catokan rambut, Hair Gel ataupun Hair Spray)
Nah ke3 benda ini (Catokan, Hair Gel & Hair Spray) di butuhkan untuk merapikan atau memodel ulang rambut kamu agar tampak lebih indah hehe.. Dan permake-up an pun lengkap sudah 😀 Gaya rambut lurus, keriting, bergelombang, pendek maupun panjang. Semua bagus untuk kamu. Coba sesuai keinginan dan yang pasti harus cocok dengan kamu. Nah, jadi menata rambut juga nggak kalah pentingnya sama bermake-up untung para Ulzzang!^^

Fakta Menarik tentang ULZZANG

1. Kata asli ulzzang adalah oljjang yang berarti wajah terbaik, dalam bahasa Korea, kata itu digunakan secara online ataupun dalam kehidupan nyata. namun seiring waktu oljjang berubah menjadi ulzzang (kalau tidak salah kata2 ini mulai digunakan semenjak ulzzang terkenal di dunia maya)

2. Pada dasarnya, ulzzang adalah seseorang yang memiliki wajah yang sangat menarik, tetapi kebanyakan orang menggunakan istilah untuk menggambarkan orang-orang yang menjadi populer untuk penampilan.

3. Ulzzang menggila dimulai di Korea Selatan. Banyak ulzzang wannabes mengirimkan gambar mereka di berbagai situs web, audio, dan chatting. Kontes, baik online dan dalam kehidupan nyata, sering digunakan untuk memilih ulzzang terbaik, tetapi Anda tidak perlu harus masuk atau menang. Beberapa ulzzang tidak hanya mengandalkan internet. Sebagai contoh, beberapa telah mendapatkan popularitas di sekolah karena menarik. Namun, sebagian besar tetap menggunakan internet untuk berbagi foto-foto mereka, dan banyak yang menjadi populer.

4. Ulzzang yang sudah terkenal dapat memperoleh status sebagai Selebriti. Beberapa mungkin muncul di pertunjukkan, majalah, dll. Beberapa ulzzang bahkan mungkin benar-benar menjadi selebriti dengan cara akting, menyanyi, atau karir modeling. Beberapa contoh mantan ulzzang yang sukses jadi selebriti adalah ulzzang Goo Hye Sun, Park Han Byul, Kim Hee Chul dan Kim Hye Sung.

5. Tidak hanya di Korea Selatan, sekarang wabah ulzzang sudah ada di sebagian besar asia, bahkan eropa.

6. Ulzzang biasanya adalah orang yang selain memiliki penampilan yang oke, dia juga memiliki banyak pengunjung di cyworld nya (cyworld adalah web mini hompage yang ada di korea). Biasanya bisa mencapai ribuan, ratusan, bahkan jutaan dalam beberapa bulan.

7. Selain itu para ulzzang biasanya mengupload foto-foto mereka ke situs jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, Me2Day, dsb. sehingga mereka bisa terkenal karena wajahnya yang cute, pose yang nice dan penampilan yang keren!!

8. Ulzzang juga sering menggunakan HADURI, yaitu program webcam yang populer di Korea. mereka bisa mengedit-edit foto mereka di sana. Orang-orang juga mengambil gambar normal atau digicam. Beberapa dari mereka bahkan menggunakan Photoshop untuk mengedit sendiri. Namun normalnya ulzzang itu tidak mengedit foto mereka, karena ulzzang adalah orang-orang yang tampan/cantik di foto maupun di kehidupan nyatanya.

9.) Keunggulan Ulzzang terletak pada Mata (biasanya menggunakan circle lense , kalau di Indonesia namanya GEO, dll) *untuk cwe* dan *untuk cwo* terletak pada mata, hidung dan bibir.

10. Kebanyakan ulzzang berdandan dengan make up minimalis dan lebih mengutamakan make up di bagian mata.Orang orang yang di dandani ala ulzzang akan terlihat lebih cute...tau kenapa?...itu karena mereka menggunakan circle lens (softlens dengan diameter yang super besar.)

11 Dua Zzang kategori yang paling dikenal adalah Ulzzang / 얼짱: (yang berarti wajah terbaik, tentu saja penilaiannya berdasarkan wajah). 얼굴 (ŏlgul) berarti “wajah” di Korea. Dan Momzzang / 몸짱: (yang berarti tubuh terbaik, tentu saja penilaiannya berdasarkan bentuk tubuh). 몸 (ibu) berarti “tubuh” di Korea.

12. Ulzzang dan Feizl berbeda, ulzzang biasanya hanya memakai make up yang tipis dan tidak berlebihan. Sedangkan Feizl bisa dibilang sebagai Ulzzang versi china yang biasanya memakai make up yang lebih dari ulzzang.

Referensi / sumber :
http://sifasmillah.blogspot.com/2012/04/apa-itu-ulzzang.html
http://kagura-sohma.blogspot.com/2012/08/pengertian-dan-12-fakta-menarik-tentang.html
https://naufintyarb.wordpress.com/2014/09/13/tutorial-bagaimana-cara-menjadi-ulzzang-dengan-mudah/

Pencarian terkait : ulzzang paling populer, apa itu ulzzang couple, ulzzang style, cara menjadi ulzzang, ulzzang girl, ulzzang squad, member ulzzang, ulzzang aesthetic

0 Response to "Ulzzang itu apa sih? Bagaimana cara Menjadi 얼짱? Ini Penjelasanya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel