Dampak Gempa Jailolo, Warga Kema Berlarian Mengungsi Ke Perbukitan

Dampak Gempa Jailolo, Warga Kema Berlarian Mengungsi Ke Perbukitan

Minut,- Gempa bumi berkekuatan 7,1 dan Gempa Bumi Susulan 5,9 Magnitudo pada Jumat (15/11/19) waktu pukul 01:45:39 WIB, Lokasi: 1.49 LU, 126.40 BT (127 km Barat Laut JAILOLO-MALUT), Kedalaman: 10 Km, secara resmi di klaim tidak berpotensi TSUNAMI oleh BMKG, ternyata tidak dapat membuat beberapa pihak masyarakat pesisir tenang.

Lihat saja masyarakat pesisir Kabupaten Minahasa Utara, khususnya Kecamatan Kema yang melingkupi Desa Kema I, Kema II dan Kema III.


Saat terjadi gempa pada Kamis (14/11) Pukul 00.05 dini hari dan sejumlah media online memberitakan ada potensi tsunami, puluhan warga Desa Kema 1-3 langsung mengungsi ke tempat aman.




"Meskipun sudah ada beberapa yang kembali ke kediaman masing-masing. Kalau disini ada 65 Kk lebih, sekitar 125 jiwa (orangtua dan anak-anak)," tutur Kepala Jaga XIV, Nasli Mamonto, Jumat (15/11), saat ditemui di bukit Pariwisata Batu Nona Desa Kema III.



Dikatakan Nasli, kendati BMKG sudah mengabari bahwa potensi tsunami sudah lewat, namun pagi harinya masyarakat yang sudah pulang ke kediaman masing-masing, kembali mengungsi saat gempa susulan 5.9 Magnitudo, Jumat (15/11/19) waktu pukul 01:45:39 WIB.

"Masyarakat terpaksa melakukan Sholat Jumat di tempat mengungsi, dan terima kasih kepada Ibu Camat Kema yang cepat merespon keadaan kami dengan bantuan makanan dan air minum. Kami berharap, semoga gempa tak terjadi lagi, namun selama mengungsi ini, kami sangat berharap ada bantuan makanan dan air minum untuk membantu kami disini," pungkas Mamonto.



Sementara Camat Kema Vilma Anthonie SH, MH saat ditemui di lapangan, membenarkan adanya pergerakkan warga yang mengungsi.

"Sejak pukul 01.00 tadi malam, memang warga Kema I, Kema II mengungsi ke Kauditan, Kema III ke arah Patiwisata Batu Nona. Kami menghimbau tetap berjaga-jaga. Dan sesudah ada pengumuman resmi dari BMKG, sudah boleh kembali ke kediaman," ujar Anthonie.


Dikatakan Camat Kema, untuk awal pihaknya telah membanru konsumsi warga dengan persediaan ala kadarnya.


"Sejak pagi tadi kami sudah menyediakan bahan makanan berupa supermie, air minum mineral dan roti.


BNPB Minut juga sudah datang membawa bantuan dan bahan makanan siap saji serta aneka air mineral," tandas Anthonie. (Baker)





0 Response to "Dampak Gempa Jailolo, Warga Kema Berlarian Mengungsi Ke Perbukitan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel