Minahasa Raih Penghargaan Kabupaten Sehat Tingkat Nasional

Minahasa Raih Penghargaan Kabupaten Sehat Tingkat Nasional

Jakarta,- Kabupaten Minahasa dibawah kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati Ir Royke Octavian Roring, MSi dan Robby Dondokambey, SSi, MM (ROR-RD) kembali ukir prestasi.

Kali ini, Duo top eksekutif Minahasa ini mampu membawa Minahasa meraih penghargaan peringkat dua (II) Kabupaten Sehat tingkat nasional  pada kategori Swasti Saba Wiwerda.

Menteri Dalam Negeri RI, Tito Karnavian bersama Menteri Kesehatan RI, dr Terawan Agus Putranto menyerahkan langsung penghargaan kepada bupati Roring, Selasa (19/11/2019) bertempat di Aula Sasana Bakti Praja kantor Kementerian Dalam Negeri, Jakarta.
Menteri Kesehatan (Menkes) Republik Indonesia, dr Terawan Agus Putranto dalam sambutan menyampaikan, sesuai amanat Presiden RI Ir Joko Widodo bahwa perhatian pemerintah kedepan memprioritaskan pada pembangunan sumber daya manusia dan didalamnya terdapat dua isu kesehatan utama yaitu stanting dan jaminan kesehatan nasional.

Lanjut Menkes, Penyelenggaraan Kabupaten/Kota Sehat merupakan kerja bersama antara pemerintah dan masyarakat secara harmonis, integrasi antar sektor.

"Ini untuk memenuhi kepentingan masyarakat dalam upaya promotif dan preventif agar masyarakat tetap sehat dan produktif," kata Menkes.
Dirinya menambahkan, semua itu membutuhkan dedikasi dan profesionalitas kinerja segenap pemangku kepentingan. 

"Untuk percepatan penurunan angka stanting, penyelenggaraan kabupaten/kota sehat menjadi salah satu wujud nyata upaya konfegensi, intervensi, spesifik, dan intervensi sensitif karena didalamnya terdapat indikator ketahanan pangan dan gizi serta penyediaan layanan dasar dan sanitasi serta pemenuhan pelayanan kesehatan yang merata di masyarakat," paparnya.

Menkes pun memberikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi kepada enam Gubernur dan 177 Bupati dan Walikota serta segenap forum Kabupaten/Kota yang telah menyelenggarakan Kabupaten/Kota Sehat. 

"Semoga momentum penghargaan ini akan memberikan manfaat dan pemahaman yang sama akan arah dan kebijakan pembangunan kesehatan di seluruh Kabupaten/Kota di indonesia dan semoga kita semua dapat mewujudkan Kabupaten/Kota Sehat untuk menuju Indonesia Sehat," pesan Menkes.
Sementara, usai menerima penghargaan, Bupati Roring menyampaikan bahwa capaian prestasi ditingkat nasional berkat kerjasama dari semua unsur dan elemen masyarakat.

"Apa yang kita boleh capai di tahun 2019 ini tentu kita syukuri dan kiranya Tuhan berkenan kedepan kiranya kita masih boleh tingkatkan sampai pada Swasti Saba Wistara," ucap Bupati Roring didampingi Kepala Dinas Kesehatan dr Maya Rambitan, MKes dan Kabag Humas dan protokol Maya Kainde, SH, MAP.

Top eksekutif Minahasa ini berharap, kedepan harus semakin baik lagi dibarengi dengan kerja keras terutama komitmen mewujudkan Kabupaten Minahasa yang sehat.

"Kita berharap kerja keras dan komitmen kita bersama bisa mewujudkan masyarakat dikabupaten Minahasa yang sehat," harapnya.
Kesempatan yang sama, Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Minahasa, dr Maya Rambitan, MKes menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas komitmen bupati dan wakil bupati dalam mewujudkan masyarakat yang sehat dan produktif di kabupaten Minahasa.

"Tentu ini berkat dukungan dan komitmen yang kuat dari bupati dan wakil bupati serta dukungan dari semua pihak termasuk dinas-dinas terkait dan desa serta kelurahan yang telah mengambil bagian dalam mewujudkan Kabupaten Sehat," tandasnya. (baim)






0 Response to "Minahasa Raih Penghargaan Kabupaten Sehat Tingkat Nasional"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel